Belajar Ngaret

img_20161227_153752

Hari ini saya mengajak Ceria untuk belajar ngaret. Eh tapi jangan salah, bukan berarti saya ngajarin Ceria untuk terlambat dan tidak tepat waktu loh, ngaret disini maksudnya adalah karet gelang :D. Jauh sebelum loom band terkenal, karet gelang alias karet sayur sudah populer terutama untuk bermain lompat tali. Saya ingat sewaktu kecil anak-anak disekitar rumah suka berkumpul di malam hari untuk bermain karet. Di sekolah pun demikian, banyak yang main karet juga. Tapi kalau saya lihat sekarang agak nya jarang ya anak-anak yang berkumpul bermain karet, hmm..mungkin sudah bukan jamannya kali ya

Anyways berhubung di rumah ada banyak karet gelang hasil ngumpulin dari tukang sayur dan bungkus makanan saya jadi kepikiran untuk mengajak Ceria bikin tali dari karet seperti jaman saya kecil dulu. Saya pikir dari kegiatan ini tidak hanya bisa untuk mengisi waktu luang Ceria tapi juga bisa untuk melatih koordinasi dan otot-otot tangan Ceria, sekaligus mengenalkan karet dan konsep elastisitas. Dan nantinya kalau karet sudah jadi bisa sekaligus buat menunjukkan Ceria cara bermain lompat tali.

Sebagai permulaan saya tunjukkan ke Ceria cara menyambungkan karet satu ke karet lainnya membentuk seperti rantai. Kemudian saya minta Ceria untuk mengikuti. Tapi ternyata tidak sesederhana itu mengajarkan Ceria, selain menunjukkan berulang kali saya juga masih meng assist dia. Dan selagi saya menyambung-nyambung karet Ceria malah asik sendiri

“seperti kupu-kupu mami, lihat seperti kupu-kupu” ujarnya sambil memainkan karet.

Ternyata bermain karet bisa meningkatkan daya imajinasi juga hihi. Pada akhirnya Ceria hanya bisa mengaitkan dua karet tapi saya senang dia sudah mau berusaha :D, tujuan pertama, check!

img_20161227_154029

Untuk tujuan kedua, belajar lompat tali karet saya menyambungkan semua karet-karet yang sejenis, yang kurang lebih ukurannya sama. Tapi ternyata setelah disambung-sambung pun karetnya masih kurang panjang untuk Ceria bisa lompat tali dengan baik :(. Akhirnya kita pakai tali karet nya untuk mengajak bermain Rainbow Dash dan Apple Jack dan teman- teman pony lainnya lompat tali  deh! ;D

img_20161227_155014

Walau tujuan kedua belum sepenuhnya tercapai tapi dia sangat menyukai ide lompat tali dengan karet ini. Katanya dia mau nunjukkin si papi karetnya dan benar saja ketika papi pulang dia menunjukkan karet dengan senangnya dan bercerita tentang kegiatan ‘mengaret’ kita hari ini. Tujuan ketiga, bersenang-senang, check! 🙂 ❤

Leave a Reply

