I Can Finally Make Cupcakes!

1

Pernah nonton serial  komedi US “Two Broke Girls”? Sesuai judulnya serial ini menceritakan tentang 2 gadis yang ‘bokek’ tapi memiliki cita-cita memiliki toko cupcake sendiri. Nah ketika melihat cupcake-cupcake inilah saya jadi terpikat alias ngiler. Pengen makan cupcake, especially vanilla cupcake sluurp :9. Masalahnya di depok ini sepertinya agak susah ya nyari cupcake vanilla dengan frosting buttercream yang enak. So why not making one? 🙂

Pas ada waktu, saya cari-cari resepnya yang kira-kira gampang dan enak. Saya menemukan satu di youtube yang kelihatannya mudah bikinnya, dan saya cobalah resep tersebut. Hasilnya? kok bantet ya, dan sangat berminyak :(. Nonetheless si papi bilang enak kok (walaupun dia ragu enaknya karena memang enak atau karena kelaparan hehe). Penasaran saya coba cari tau karena memang tekstur adonannya sangat berbeda dengan yang di video – punya saya sangat cair, dan ternyataa saya pakai measurement cup yang salah dong hahaha dodol.

Ok, rookie mistake no worries, let’s make another batch, I thought. Percobaan kedua saya pastikan saya menggunakan measurement yang benar. Mengikuti langkah dengan teliti saya mulai dengan creaming butter and sugar lalu masukkan telor dst dst. Hasilnya? the batter was splitted  and I got the same texture as before, too watery. As expected ketika keluar dari oven cupcakenya bantet dan rasanya agak kenyal di bagian atas and a bit eggy. Huff gagal lagi. Ternyata bikin cupcake susah juga ya :D.

Determined to make not just an edible cupcake, I started to learn, baking 101 (ada hikmahnya juga gagal 😀 ). Usut punya usut sepertinya saya curiga telur saya belum sepenuhnya ada di room temperature ketika dimasukkan, nah. Selain itu sepertinya di resep itu yang menyuruh creaming butter dulu baru masukkin telur rentan gagal (alesan ;p) jadi saya ganti resep deh. Here is the new recipe I found,

Go-To- Vanilla Cupcakes

  • 1 1/2 cups tepung
  • 1 1/2 sdt baking powder
  • 1/4 sdt garam
  • 2 telur, di temperatur ruangan
  • 2/3 cup gula
  • 1 1/2 sticks (6 ounces) unsalted butter, cairkan —> saya ganti dengan blueband cake & cookies 170 gr
  • 2 sdt vanilla extract
  • 1/2 cup susu cair —> saya tambahkan sedikit yakult

Campur tepung, baking soda, dan garam kemudian saring dan sisihkan. Kocok telur dan gula di mangkuk terpisah hingga mengembang, kemudian masukkan mentega sedikit demi sedikit lalu tambahkan vanila. Masukkan setengah bagian tepung, aduk, tambahkan susu kemudian masukkan sisa tepung. Bagi adonan ke dalam loyang yang sudah dialasi kertas cupcake. Adonan ini kira-kira cukup untuk membuat 12 cupcake. Masukkan ke dalam oven dan panggang hingga matang.

+/- 15 menit kemudian, the moment of truth….

img_20161019_221851

Tadaa… it works! Dan penantian itu pun terbayar setelah 3x percobaan. The cake was moist, and light, apalagi makannya pas masih hangat, enyaak.

Untuk buttercream frostingnya ternyata simple dan hampir sama di semua resep, yaitu creaming butter (saya pakai merek yang sama seperti diatas) sampai memucat dan mengembang lalu tambahkan vanilla extract dan gula halus sampai manisnya sesuai selera.

The cupcake wasn’t perfect (jadi agak padat ketika mendingin) but I’ll definitely use this recipe again in near future.

 

you’ll find your perfect cupcake somehow, just don’t give up 😉

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s