Mempercantik Kunci dengan Kain Bekas

Punya kunci banyak dan bentuknya sama semua? mungkin cara ini bisa membantu membedakan kunci yang kamu punya biar gak bingung ini untuk kunci pintu yang mana ya. Selain memiliki fungsi untuk membedakan kunci, menggunakan kain bekas untuk kunci juga bisa menambah nilai estetika kunci loh.

03000014

Sebenarnya saya sudah lama membuat ini, sekitar 2 tahun yang lalu. Sumber idenya sendiri bukan milik saya tapi dari hasil browsing artikel DIY  orang (karena sudah lama dan lupa jadi mohon maaf saya tidak bisa mencantumkan link sumber nya >.< ). Saya tertarik dengan ide ini karena saya punya dua kunci yang sama persis antara pintu depan dan belakang sehingga dulu kalau mau masuk rumah kadang agak lama karena salah pakai kunci hehe. Plus saya punya banyak sekali sisa kain perca yang sayang kalau dibuang. Cara membuatnya? mudah kok, seperti yang digambar ya.. berikut penjelasannya..

  1. Buat pola bagian kunci yang mau dibungkus di atas kain ( gambar polanya dibagian belakang kain ya). Buat dua pola untuk masing-masing kunci
  2. Gunting pola yang sudah dibuat. Berikan sedikit jarak dari garis ketika menggunting salah satu pola, guna nya adalah untuk menutupi sisi yang tebal dari kunci
  3. Bubuhkan lem pada kunci (lem yang saya gunakan adalah lem serbaguna biasa). Tempel bagian yang lebih lebar terlebih dahulu kemudian lanjutkan dengan menempel bagian kain yang kedua. Rapikan tempelan dan diamkan sampai lem mengering.

Selesai, cantik kan hasilnya? Sayangnya untuk kasus saya, karena terlalu sering dipakai kainnya jadi tidak tahan lama menempel di kuncinya. Mungkin kalau memakai lem yang lebih kuat dan kain yang lebih tebal hasil nya akan lebih awet di kunci yang sering dipakai. Saya juga mengaplikasikan kain bekas ini ke kunci cadangan dan hasilnya..cukup awet hingga sekarang (paling tidak masih menempel :p).

3 thoughts on “Mempercantik Kunci dengan Kain Bekas

Leave a Reply

