Make Your Own ‘Blackboard’, Kenapa Tidak?

Well, lebih tepat nya dinding hitam buat corat-coret sih 🙂

Beberapa minggu lalu ketika sedang jalan-jalan di sebuah toko furnitur, si papi tertarik membeli papan tulis kapur buat coret-coret Ceria. Melihat harga nya, naluri penghematan a.k.a pelit saya langsung keluar ;). Saya bilang, “buat sendiri aja pakai cat sekalian buat nutupin dinding yang cat nya udah terkelupas di deket kamar mandi”. Dan si papi pun setuju. Sip!

Untuk membuat papan tulis kapur harus menggunakan cat khusus supaya bisa dihapus dan ditulis kembali. Sempat cari- cari di toko online ternyata ada beberapa pilihan, tapi akhirnya kita memutuskan mencari di toko bahan bangunan dan cuma ada satu pilihan cat dengan spec seperti itu, mereknya nippon paint satin glo dan kita pun membeli kaleng ukuran 1 liter. Selain cat, alat dan bahan yang dibutuhkan yaitu:

  • cat dasar/ primer (saya pakai dari merek yang sama)
  • amplas
  • sikat untuk mengelupas cat lama
  • rol dan kuas cat
  • alas rol cat
  • lakban

Setelah alat dan bahan lengkap, langkah pertama adalah membersihkan cat lama. Awalnya kita memakai amplas karena kita gak punya sikat, dan ternyataaa.. susah dan lama hiks.. akhirnya si papi coba gosok pakai air dan hasilnya jauh lebih cepat dan mudah. Setelah cat hilang, dinding disiram pakai air lagi supaya benar-benar bersih dan keringkan. Oh ya karena ini percobaan, permukaan dinding yang kita cat hanya berukuran +/- 1x3m saja.

Sebelum mulai mengecat, sebaiknya pasang lakban dibagian pinggir area pengecatan dulu supaya rapi (kita skip bagian ini karena males :p). Setelah itu aplikasikan cat dasar terlebih dahulu, keringkan 2-3 jam. Kemudian lanjutkan dengan mengaplikasikan cat hitam. Kalau mau hasil yang lebih bagus, aplikasi cat hitam nya dilakukan 2x ya..

Daan setelah kering (plus dihias :D) ini lah hasilnya…

img_20161005_123300

Looks a bit clumsy memang .. biar keliatannya lebih artistik  :p (padahal mah karena males rapihin). Untuk kapurnya saya beli online, cari yang tidak berdebu supaya aman dipakai anak-anak.

img_20161004_193629

Total biaya untukmembuat black wall ini kurang lebih Rp.300 ribuan saja. Totalnya gak beda jauh sama seperti harga papan tulis berdiri yang sebelumnya mau dibeli suami saya tapi yang ini permukaannya jauh lebih luas dan ini pun masih ada sisa cat. Pengennya sih nanti mau cat lagi untuk sisa bidang dinding biar lebih banyak yang bisa dicorat -coret dan biar terlihat lebih rapi, tapii tergantung persetujuan pak boss dulu karena yang mengerjakan  ini sebagian besar adalah suami saya hehe 😀

So..ready to paint?

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s