Gak Perlu Galau, Investasi di Reksa Dana yuk!

Bagi anda yang sudah memiliki anak, melihat biaya sekolah anak saat ini bikin galau gak sih rasanya? mahal-mahal sekali yah. Saya sendiri, walaupun anak-anak saya masih balita dan bayi, rasanya perlu untuk memikirkan biaya pendidikan mereka mulai dari sekarang. Apalagi setelah saya memutuskan untuk rehat sejenak dari dunia kerja otomatis penghasilan pun berkurang jadi harus pintar-pintar mengatur keuangan. Belum lagi kalau memikirkan rencana-rencana masa depan lainnya seperti renovasi rumah, bayar asuransi, rencana liburan, dll, duh makin galau deh. Untungnya sejak sebelum menikah saya cukup rajin menyisihkan pendapatan saya yang seadanya untuk diinvestasikan, salah satunya melalui investasi reksa dana.

money calculator

Sudah pada tau kan apa itu reksa dana? Yups, reksa dana adalah salah satu alat investasi dimana dana dikumpulkan dari banyak investor untuk dikelola oleh manajer investasi yang akan menempatkan dana yang dikumpulkan ke dalam instrumen investasi seperti saham, obligasi, dsb. Tidak seribet kedengarannya, reksa dana sebenarnya mudah dipahami kok. ibarat kita mau beli makanan buat buka puasa (berhubung lagi bulan puasa 😀 ) tapi uang kita cuma bisa untuk beli kurma, padahal kalau berbuka kan pengennya bisa makan macem-macem ya seperti es teh, buah, donat, nasi, sate, steak, nah reksadana ini seperti patungan untuk beli buka puasa yang mana uangnya dikumpulkan oleh 1 orang (dalam konteks reksa dana disebut manajer investasi) dan dibelanjakan untuk kemudian dibagi-bagi porsi  yang isinya kurma, nasi, steak dll itu. berapa banyaknya porsi yang kita dapatkan itu tergantung dari uang patungan kita dibagi dengan harga per porsinya (dalam konteks reksa dana = Nilai Aktiva Bersih/NAB). Tapi kan kalau puasa begini harga-harga banyak yang naik atau bisa juga turun tiap harinya, nah untuk itu porsi yang kita dapat tiap hari nya bisa berubah-ubah sesuai dengan harga porsi nya tersebut. Reksa dana juga memiliki beberapa tipe, reksadana pasar uang, pendapatan tetap, campuran dan saham.

Sudah paham dengan perumpamaan saya, atau malah jadi gagal paham? 😀  mungkin kalau mau penjelasan lebih lengkap bisa cari-cari lebih lanjut ya.

Kalau sudah paham dan mantap mau berinvestasi tapi masih bingung caranya, anda bisa datang ke bank-bank yang menawarkan reksa dana, atau kalau malas sekarang sudah banyak kok yang menawarkan investasi reksadana online. Namun sebelumnya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika hendak berinvestasi reksa dana:

  1. Pastikan investasi anda aman. aman disini maksudnya berinvestasilah di lembaga yang sudah di akui oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) artinya lembaga tersebut terpercaya sehingga uang anda tidak akan dibawa kabur.
  2. Pahami tujuan investasi dan profil resiko anda. Untuk apa dana yang anda investasikan, bila untuk biaya sekolah anak-anak maka anda mungkin tidak mau memilih reksadana saham karena terlalu berisiko. Tapi jangan lupa, ada risiko ada return/imbal balik yang lebih tinggi. Biasanya sebelum memulai investasi anda akan ditanyakan tujuan dan profil risiko anda terlebih dahulu oleh pihak lembaga keuangan yang bersangkutan.
  3. Kenali produknya. dari 4 tipe reksadana yang sudah saya sebutkan, ada banyak produk reksa dana di tiap-tiap tipenya yang dikelola oleh manajer investasi yang berbeda-beda, ibarat anda memilih menu seperti perumpamaan saya diatas. Biasanya akan ada konsultan yang bisa memberitahu anda sebaiknya reksadana apa yang anda pilih sesuai dengan tujuan dan profil resiko anda, akan tetapi ada baiknya anda juga mencari tahu sebelumnya kira-kira reksadana apa yang akan ada pilih. Yang perlu diketahui antara lain: apa saja investasinya dan berapa proporsinya (contoh kalau reksadana saham, apa saja sahamnya dan berapa persen dana yang dialokasikan untuk saham tersebut), bagaimana performa nya selama ini, dan juga biaya-biaya lainnya (biasanya ketika membeli reksadana kita akan dikenakan biaya subscription, sama hal nya kalau kita men-cancel ataupun merubah produk reksadana akan dikenakan biaya juga). Keterangan ini biasanya bisa anda dapatkan di fund fact sheetnya produk bersangkutan.

Kalau masih bingung memilih dimana mau investasi reksa dana, ada nih program Investasiku Masa Depanku dari Danareksa. Langsung saja ikuti prosedur nya dan tinggal tunggu hasilnya. Memang biasanya reksadana digunakan untuk investasi jangka menengah sehingga mungkin perlu beberapa tahun untuk merasakan hasilnya. Saya sendiri memulai investasi di reksadana sejak 2008 dan mendapatkan imbal balik yang cukup lumayan, paling tidak diatas bunga bank yang hanya sekitar 6% per tahunnya (sayang nya modal saya kurang banyak waktu itu :-p ). Saya sendiri berencana menambah investasi reksa dana saya karena saya sadar kalau investasi saya adalah masa depan saya. Lalu bagaimana dengan anda, masih galau kah ber investasi di reksa dana?

 

“Artikel ini diikutsertakan dalam kompetisi blog Blogger Writing Competition –  Investasiku Masa Depanku bersama ReksaDana Danareksa. Isi dan tulisan dari artikel/blog post ini diluar tanggung jawab Danareksa Investment Management”

Advertisements

One thought on “Gak Perlu Galau, Investasi di Reksa Dana yuk!

  1. witriprasetyoaji says:

    Merencakan investasi masa depan itu penting, dan Reksa Dana memberikan jawaban yang enggak bikin galau 🙂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s